17 Agustus di Gunung Munara

By karina rahmania - 6:17 AM

Di suatu siang yang membosankan, tiba - tiba handphone gue bergetar - getar terus tanda banyak pesan yang masuk. Pikir gue, tumben banget gebetan gue ngirim pesan banyak. Saat handphone di tangan. Dan gue mulai bukan pesan yang masuk. Ternyata gue dapet ZONK !!!!

Bukan gebetan gue yang ngirim pesan tenyata.

Pesan yang banyak itu datangnya dari temen - temen sekolah gue. Yang ceritanya lagi ngobrol - ngobrol unyu. "Kampret.. hp rame banget gue kira keenan pearce ngabarin gue mau kerumah. hahaha" pesan gue ikut nimbrung.

"Keenan pearce mane mau ngabarin bekas tukang gali WC nya, coy. Hahaha" balas  temen gue yang ubun - ubunnya pengen banget gue kasih ke gajah.

Bangke emang temen - temen gue.

"Gue abis diculik ke Munara dong sama abang. hehehe" Pesan dari Riri
"Ciye.. Jadi, sekarang sama anak gunung nih ?" temen - temen gue mulai membully
"Hahaha gak tau gue nih. Hubungan gue tanpa status yang jelas." Riri curcol
"HTS lagi ngehits ri. Hahaha gue juga gitu." Gue ikutan curcol
"Setdahh ngapa pada curcol. Udeh daripada baper mending kita ke Gunung Munara aje. Kali aje dapet anak gunung yang cakep. Ri, masih inget jalannya kan ?" Balas dede
"Kayaknya sih masih. Tapi kalau nyasar, gue angkat tangan ya. Hahaha." Respon Riri
"Hahaha leh uga. Gue juga belum pernah." Respon gue.

Akhirnya kita semua sepakat ke gunung munara. Seperti biasanya, kita muter - muter cari tanggal yang pas. Sebut tanggal segini, si onoh gak bisa. Sebut tanggal segitu, si inih yang gak bisa. Emang paling susah nentuin waktu karena udah punya kesibukkan masing - masing. Yah namanya juga hidup. Semua ada masanya.

Setelah keliling monas, ngaso sambil makan bakso, nganterin sarimin yang kebelet pipis ke pos kamling. Berangkat lah kita tanggal 17 Agustus kemarin.

Pas banget sama Hari Kemerdekaan Indonesia.

Sebagai generasi penerus bangsa, gue dan temen - temen gue sepakat naik gunung kali ini, bukti kecintaan pada negeri. Karena cinta butuh bukti bukan sekedar janji. MERDEKA !!!!!

*Kalimat diatas adalah kalimat paling nasionalis di blog ini. Silahkan tepuk tangan seikhlasnya.*

Sekitar jam 8.00 wib kita berangkat dari rumah Riri di daerah prumpung. Setelah menempuh jalan yang gradakan, kita nyaris nyasar. Untung aja kita nanya sama mba - mba Alfamart. Kita dikasih tau jalan yang benar. Dan berhasil sampai di Situs Gunung Munara.

Untuk naik gunung munara ini, gak perlu siapin budget yang gede. Cukup Rp. 10,000/orang. Udah sama parkir motor. Sebelum mulai naik. Kita dikasih pengarahan soal rute atau jalur pendakian. Ketinggian gunung munara 1119 Mdpl. Walaupun gunung munara ini termasuk gunung kecil dan gak terlalu tinggi. Tapi ini tetep gunung, bro. Keamanan, keselamatan, dan kenyamaan harus dijaga bersama.
Penting banget ngedengerin pengarahan yang dikasih. Daripada ilang di gunung ya kan. Udah jomblo, di-PHP-in terus, kena tikung mulu lagi. Jangan tambah kengenesan hidup lu dengan ilang di gunung. Mending kalau ada yang nyariin. Kalau engga ? mau ape lu ? 

"Coy, coy, kayaknya mendung nih." Roro ngeliat keatas
"Hmm iya juga nih. Kalo ujan pas kita diatas bahaya juga." dede pasang muka khawatir
"Tenang aja. Mendung belum berarti bakalan ujan. Sama kayak PDKT belum berarti bakalan JADIAN." Respon gue sambil ketawa

Akhirnya gue dan temen - temen gue mulai nanjak jam 9.00 wib. Lumayan banyak juga orang yang naik dan gak sedikit juga yang turun gunung. Mungkin karena hari kemerdekaan. Katanya ada upacara bendera jam 9 pagi dipuncaknya. 
Emang dasar anak jaman sekarang. Bentar - bentar selfie. Ketemu view bagus dikit selfie. ketemu abang ganteng dikit selfie. Yang harusnya kurang dari 2 jam udah sampe puncak, ini kita 3 jam lebih baru sampe puncak.

Ketika kita naik gunung, gue saranin banget persiapin fisik kita dulu dari jauh - jauh hari. Mau gunungnya kecil atau gede, yang namanya naik gunung tetep perlu tenaga ekstra. Gue baru nanjak setengah jam, nafas udah kayak mau mati. CAPEK BANGET.

"De, ini bukan jogging." Roro mengelap keringatnya.
"Lah, emang lu bilang ke roro kita mau jogging, de ?" Tanya gue.
"Itu si dede, kar. Bilangnya anggep aja jogging. Gunung munara mah kayak bukit." Nafas roro masih ngos - ngosan.
"Hahaha parah. Anak orang lu tipu, de." Gue cuma bisa ngakak.

 Setelah istirahat beberapa kali dan selfie berkali - kali, AKHIRNYA SAMPE PUNCAK.

Woohooo.

Rasanya puas banget saat ada di puncak. Ada rasa yang gak bisa diungkapkan dengan kata - kata. Mahakarya Tuhan selalu bikin gue takjub. Capeknya kebayar dengan pemandangan yang super keren.

Duduk diatas batu dekat pohon dihari yang cerah. Tanpa ada kemacetan. Tanpa ada polusi. Tanpa ada mantan. Hidup rasanya tentram. Alam memberi lebih dari cukup. Harusnya lebih banyak lagi orang yang sadar akan kelestarian alam. Suasana yang kayak gini susah didapet dikota kayak Jakarta.

Kadang gue heran sama orang yang takut ketinggian. kenapa harus takut ? Ketinggian itu memberi pengalaman baru. Ketinggian mengajarkan saat ada di atas kita perlu melihat kebawah dan mensyukuri nikmat yang ada.

Berhubung Indonesia lagi merayakan hari kemerdekaan, sebagai generasi muda bangsa Indonesia. Gue mengibarkan bendera di ketinggian 1119 Mdpl.Tanda kecintaan gue pada bangsa ini. Walaupun Indonesia masih banyak koruptor, sering banjir, kesejahteraan rakyat belum terpenuhi, jomblo semakin meningkat. Gue tetep Indonesia. MERDEKA !!!!!

Dan sebagai anak jaman sekarang gue gak lupa buat selfie. hahaha

Mumpung ada view cakep kayak muka gue. Moment yang gak mungkin dilewatkan gitu aja.

Puas foto - foto, makan, ketawa, dan segala macemnya. Gue dan temen - temen turun. Gak butuh waktu lama buat turun. gue juga cuma istirahat sekali pas turun. gak sampe 1 jam gue udah di parkiran motor.

Pulang dari gunung munara, gue kerumah Riri dulu buat makan dan rebahan.  Sekitar jam 5an gue baru pulang kerumah. dan langsung terkapar.


Salam Kece.

  • Share:

You Might Also Like

43 comment

  1. Wihhh anakmptuslang ni karin
    Cewe2 mua lg ya, keren

    BalasHapus
  2. Wohooo seru amat nih 17 annya di Munara. Gue waktu itu gempor ke sana. Huehehe.

    BalasHapus
  3. Wih beda dengan yang lainnya nih, keren lah acara 17annya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren udah dari lahir

      hahaha *kemudian ditimpuk sendal*

      Hapus
  4. Asiikk banget nihh kak 17annya naek gunung.. Jd kyak film 5cm ya? Hehe. Gunung Munara di bogor? Barutau..
    Tp kok itu naek gunung bawaannya gak banyak ya? Biasanya ampe se tas gede gtuu..

    Maklum anak skrg, klo gak selfie pas ada view bagus mah krg lengkap rasanya. Haha.
    Btw, itu benderanya bawa dri rmh sndri?? WKwk.

    Semoga Indonesia makin baik kdpannya ya! MERDEKA!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di Kab.Bogor, lu. Gak perlu bawa tas gede - gede. Nanjaknya aja cuma 1 - 2 jam aja. gak sampe berhari - hari.

      Benderanya minjem sama yang bawa. hahaha

      MERDEKA !!!!

      Hapus
  5. Karin Nasionalis banget merayakan Agustusanya. Itu cewek semua knp gak ngajakin gue. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takut lo udah diajak sama yang lain ziz

      hahaha

      Hapus
    2. Bang Aziz, mah, mainnya sama macan ternak (mama cantik antar anak) sekarang.

      Hapus
  6. Seru banget 17an di gunung, ajak aku dong Kak Rin hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai rizka

      hahaha kapan - kapan kita kesana :D

      Hapus
  7. coba nyampe puncak nya jam 6 pagi, mungkin bisa ikut upacara bendera bareng komunitas kita .. :

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe jam 6 masih kucek - kucek mata.

      Di munara juga pas 17 agustus kemaren ?

      Hapus
  8. Wih keren, saya 17 cuma tiduran dirumah, menikmati hari libur hahah :D

    BalasHapus
  9. Ah, asiknyaaaaa karin bisa 17-an di gunung. Pengen juga. Tapi entahlah kuat apa engga naik gunung gitu. hahaha jarang olahraga --___--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti kuat kok bil.

      Banyakin jogging kalau mau naik gunung

      Hapus
  10. Ini Bogor sebelah mananya, sih? Kok gue kagak engeh? Pendek ini, Rin. Kapan-kapan mau nyobain aaahhh. :D
    Anjir, itu mendaki dianggap jogging. Beda banget. -__-

    Seumur-umur gue belum pernah naik gunung. Asli, cemen banget kalah sama cewek. Tapi kalo naik ke Curug yang tinggi-tinggi udah sering. Menurut gue, hampir sama kayak naek gunung, sih. Malah lebih parah, kanan-kiri jurang. :(

    Asoy banget ini 17-an bisa jalan-jalan. Lah, gue cuma di rumah doang. Emaap curhat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di Rumpin yog

      Anak motor susah dah maenannya curug :D
      hahaha

      Hapus
  11. Thanks, gan, infonya.

    wah. seru banget ini. Jadi mau pegang gunung (baca: naik gunung).
    Gue malah belom pernah naik gunung. Kebayang bakalan mati gue.
    Cz tiap ngobrol sama teman yang sudah naik gunung, doi malah bahas orang yang mati gegara nak gunung.

    Banyak pencerahan, ya, di sini.
    Setuju. Layaknya PDKT belum tentu bakal Jadian. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. urwel, sis

      gak mati juga bang. kecuali lu naik gunung terus turunnya lompat ke jurang
      udah deh innalillahi itu :D

      hahaha makannya PDKT jangan kebanyakan baper

      Hapus
  12. cewecewe semua niih ? ahahaha pada berani ya ..

    BalasHapus
  13. weh keren, cewe semua wkwk, sekali" sini mampir ke bromo

    BalasHapus
  14. perjalanan yang cukup lama sampe 3 jam

    BalasHapus
  15. Wah agustusan di Gunung... hmmm asik juga tuh. apalagi ngadain upacara bendera di situ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang ada upacara
      Tapi gak ikut. ketinggalan soalnya

      Hapus
  16. wuss anak gunung, asyik bener bisa agustusan di gunung :')

    btw salam kenal ya, ini kunjungan pertama hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue masih anak emak gue :D

      Salam kenal

      Hapus
  17. ada video vlognya ga teh ?
    aku mau

    BalasHapus
  18. ndaki kok gak bawa tas gede sama lain-lainya sih, iya juga sih soalnya gunungnya gak terlalu tinggi... eh btw kamu yang mana hahah masih belum tahu

    BalasHapus
  19. seru ya rin bisa naik gunung pas moment agustusan, gue mah apah pas 17an jadi panitia huhu..
    btw gunung munara dimana rin?

    BalasHapus
  20. Wah 17annya seru yaaa, 17an aku liat panjat pinang doang wkwk, btw aku salah satu yang takut ketinggian nih dan ga kepikiran buat naik gunung #yangnanyasiapa

    BalasHapus
  21. waduohhh..... ini sih deket rumah saya gunungnyaaa :D :D :D

    BalasHapus
  22. Kereeennn, jangan lupa baca cerita gue jg di gunung munara disini http://eby-hariatno.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  23. pemandangan dari puncaknya memang benar-benar keren ya..

    BalasHapus