25 JAM DI JOGJA DAN LANJUT KE SOLO

By Karinara - 11:03 PM

Tahun 2020 mungkin jadi tahun yang mengkhawatirkan karena adanya pandemic covid-19. Seluruh warga dunia disarankan stay at home karena penyebaran virus yang sangat cepat. Di Indonesia sendiri terdeteksi menyebar sekitar bulan maret 2020. Di bulan februari, beberapa minggu sebelum berita dan penanganannya serius, gue sempat traveling ke Jogja bareng temen gue, Annisa.
Gue punya misi cuma akan stay di Jogja selama 25 Jam. Gak ada makna khusus, sekedar bertepatan dengan ulang tahun gue angkanya di tahun ini. 25 Jam terhitung dari gue sampai di Jogja dan berakhir saat gue pergi dari tanah Jogja. Karena gue naik kereta, gak ada jadwal PP kereta JKT-JOGJA yang pas 25 jam. Akhirnya punya solusi pulangnya gak ke jakarta tapi ke solo naik kereta prameks dan membuat misi gue tercapai. Sekitar jam 7.30 wib di stasiun tugu, sewa motor Rp. 90,000,- untuk mobilitas selama di Jogja. Tujuan pertama bukan penginapan tapi langsung ke kawasan kaliurang, Sleman. Tanpa mandi, kita langsung tour merapi naik jeep. Ntaps 



Ada banyak paket tour yang ditawarkan. Kalau gue, ambil short trip yang durasinya sekitar 2,5 jam dengan harga Rp. 350,000,- /Jeep. Tidak semua paket tour ada route ke kalikuning. Jadi saran gue, pilihlah trip yang punya route ke kalikuning atau trek basah. Dijamin seru. 




Selesai lava tour merapi, kita ke penginapan di daerah Mergangsan, Kota Jogja. Jarak perjalanan dan trip yang cukup panjang, bikin kita kelaparan. Gak sanggup keluar cari makan, akhirnya sebagai anak kekinian, kita gofood. Yang bikin seneng, ternyata di Jogja udah banyak pilihan kopi susu. Ya jelas gue cobain salah satunya. Harga relatif gak beda jauh dengan jabodetabek, kisaran dibawah Rp. 20,000,-
Selesai recharge tenaga, lanjut ke Heha Sky View di daerah Patuk, Gunung kidul. Tempatnya gak jauh dari bukit bintang. Dengan bayar Rp. 15,000,-/orang, kita bisa masuk dan explore Heha Sky View ini. 


Sayangnya pulang dari Heha sky view, tengah jalan hujan turun. Padahal rencananya kita mau ke alun-alun dan makan di angkringan malioboro. Akhirnya langsung pulang ke penginapan. Seingat gue, malam di kota Jogja abis hujan, kerasa lebih dingin. Tapi rasanya tetep excited bisa keliling sebentar. Mungkin karena bukan kota yang biasa gue tinggali. Suasananya jadi jarang dirasakan. Berhubung belum makan malam, akhirnya cari makan seketemunya aja. Bye-bye angkringan malioboro.

Mission must go on. Besok paginya, memang gak ada planning kemana-mana. Gue dan Annisa bagi tugas. Sampai di stasiun tugu, gue beli tiket ke solo dan Annisa balikin motor yang kita sewa. Gak lama kemudian, kereta tujuan Solo pun sampai. Dan kita pun angkat kaki dari Jogjakarta.

Hello Solo !!!

Gak seperti di Jogja, kita gak punya rencana apa-apa. First time and have no idea di Solo. Memang karina demen bener susah dibikin sendiri. Gue sewa motor juga disana supaya gampang kemanapun. Apalagi tanpa tujuan gini. Perlu banget sewa kendaraan. Roti maryam yang gue beli di stasiun, gak cukup jadi sarapan. Coba ngobrol sama mas-mas yang antar motor sewaan gue, akhirnya dapet rekomendasi tempat makan asoy.

Selat Vien's nama tempatnya. Katanya cukup terkenal. Sampai disana, kelihatan seperti warung makan biasa tapi cukup luas dan rame. Langsung gass lah. Menu andalannya, selat. Dan gue gak ngerti sama sekali. Gue juga bukan tipe yang berani makan makanan yang aneh-aneh. Cari aman, gue berencana order nasi timlo. Tapi akhirnya gue pindah haluan order selat, setelah tanya detailnya di kasir.

Selat daging cacah yang gue order harganya Rp. 13,000,- dan Annisa order Sup matahari seharga Rp. 10,000,- Solo jadi salah satu kota yang bikin nyaman kantong dan dompet. Makan mulu kalau tahu gini sih. Modal googling, abis makan kita ke vihara Dhamma Sundara.
Tadinya mau ke Keraton Solo. Tapi sayang, Keraton tutup di hari jum'at. Gak lama dari Vihara, cari-cari cafe. Randomly, berhenti di Sunny's Gelato Factory Solo. Seperti tempat es krim kebanyakan, tempatnya lucu, gak terlalu luas tapi instagramable.


Kebetulan gue punya temen di Solo, namanya mas Dwi. Dan akhirnya sempet ditemani hunting foto. Kali ini, huntingnya street photography. 



Asli seru di solo, sayangnya gue gak punya banyak waktu disini. Bis pulang gue sekitar jam 18.00 wib. Jadi, gue udah ke terminal jam 17.00 wib. 

Anyway kepikiran banget road trip. Sekali jalan, mampir beberapa kota. Wah, kebayang serunya. 

Semoga bumi cepat membaik. 

Dan kita bisa ke luar rumah. 

Explore bumi yang indah lagi. 

Salam Kece

  • Share:

You Might Also Like

7 comment

  1. Oke ini seru sih.

    Gue juga punya pengalaman kw Jogja, cuma karena dulu asal pergi ke Jogja aja tanpa persiapan apapun, jadinya cuma muter-muter gak jelas aja. Haha

    Kayaknya kapan-kapan harus ke sana lagi.

    Dan seperti biasa, fotonya selalu bagus-bagus. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal jalan serunya bisa SKSD sama orang setempat hahaha

      Fotonya aja ? orang dalem foto gak bagus :(

      Hapus
  2. Duh iri banget itu naik jeep seru bener deh kayaknya. Walaupun cuma bentar, tapi jogjes emang mantab ya. Hahaha. Anwyay, gue suka foto anak baris dan kudanya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiii bang Adi

      mau dong masuk podcast :D

      Anyway, Thanks bang

      Hapus
  3. Gilak hahahhahha. Bayangin dari lava tour lanjut ke Patuk buat ke Heha atau apa itu dengan cuaca Jogja yang panasnya kadang bikin meleleh. Kamu kuat.
    Saya sendiri yang di Jogja kalau sepedaan di atas pukul 10 sudah kuwalahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. LOH ORANG JOGJA ?

      Tau gitu minta tour guide-in hahaha :D

      Hapus
    2. Sini lagi selepas pandemi, biar jadi tukang foto saja ahahhahahah

      Hapus