#SobatAviasi : Mudik Selamat Aman dan Nyaman

By karina rahmania - 1:55 AM

Banyaknya pemberitaan soal ketidakamanan kemana-mana naik transportasi udara, membuat gue secara pribadi takut. Kalau masih bisa naik transportasi lain, mending naik transportasi lain deh. So, that’s why gue gak jadi pramugari. Hehehe. bercanda deng. Tapi dunia terus berkembang, kita gak bisa terus menghindar. Apalagi naik pesawat lebih efisien dari segi waktu. Walaupun perlahan gue mulai sadar kalau naik pesawat gak seseram yang dibayangkan, tapi ada Ibu yang selalu kelihatan lebih khawatir kalau gue pergi naik pesawat. Kadang jadi lebih sulit meyakinkan ibu kalau Insya Allah gue akan baik-baik aja dan lebih aman plus nyaman bepergian dengan pesawat.

Dan sekarang udah mau lebaran nih. Walaupun gak setiap tahun. Biasanya kita mudik ke tanah kelahiran ibu di Palembang. Gue dapat jatah cuti gak sampai seminggu. So, gue gak punya banyak waktu. Gimana caranya mudik tetap nyaman dan kerjaan tetap aman ? Akhirnya gabung ke #SobatAviasi. Buat bantuin bujuk keluarga juga supaya mau naik pesawat aja mudiknya.

Buat yang belum tahu, #SobatAviasi ini adalah sebuah komunitas. Komunitas apa ? komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Kece abis DJPU bikin komunitas. (buat yang mau gabung, nih tinggal klik aja disini, sob). Nah, disini ada banyak informasi seputar transportasi udara. Pas banget buat gue yang mau menyakinkan diri dan memberikan sudut pandang lain yang lebih positive soal transportasi udara. Naik transportasi udara itu selamat, aman dan nyaman dengan mengikuti prosedur yang benar.

Ini nih beberapa informasi yang bisa di dapat #SobatAviasi :
  • Demi kesejahteraan dompet dan gak kehabisan tiket, memang lebih nyaman membeli tiket jauh sebelum rencana mudik. Karena yang mau mudik gak cuma kita, sob. Mudik udah jadi budaya menjelang lebaran. Mayoritas masyarakat Indonesia pasti akan mudik ke kampung halamannya masing-masing. Dan jangan lupa nih, pastikan semua data sesuai kartu identitas yang berlaku. Supaya semua proses administrasi lancar. 


  • Barang Bawaan. #SobatAviasi sangat amat disarankan bawa barang-barang yang diperlukan aja. kita bukan mau pindahan kok. Pengalaman gue, membawa tas atau koper lebih dari dua itu disamping ribet abis juga capek. Apalagi transportasi yang kita gunakan banyak transitnya. Dan hasilnya banyak juga barang-barang seperti pakaian yang cuma kesimpan dalam koper a.k.a gak kepake. Gak lagi-lagi deh. So, diusahakan bawa barang bawaan yang penting aja. Supaya beban selama perjalanan juga ringan. Dan selalu awasi juga barang bawaan selama perjalanan. Ingat, kejahatan ada, karena kesempatannya yang ada juga.

  •  Selamat aman nyaman itu kita semua yang jaga. #SobatAviasi ingat 3-2-1 sebelum terbang amatlah penting. Datang mepet keberangkatan akan merugikan diri sendiri, sob. Apalagi moment mudik. Kesabaran sangat diuji dengan padatnya orang-orang yang mau mudik juga. Tiba di bandara tiga Jam sebelum penerbangan, dua jam sebelum waktu penerbangan, dan udah di dalam waiting room satu jam sebelumnya adalah waktu yang ideal.
Dan informasi yang paling penting ini. DJPU VLOG COMPETITION. Lomba nge-vlog dari Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Yang mau tambah-tambah THR, cepet cek disini, buat tahu cara ikutannya. Hadiahnya apa ? Eits, jangan ditanya lagi. Banyak banget, sob. Pemenang bakalan dapat dari mulai action cam sampe paket liburan. KECE ABISSS

Senang rasanya DJPU membentuk komunitas #SobatAviasi. Aware kalau Mudik selamat aman nyaman tanggungjawab kita bersama. Masyarakat luas diberi kemudahan untuk mendapatkan informasi yang jelas soal prosedur ataupun diberi pengetahuan tentang semua hal yang berkaitan dengan transportasi udara. Gue dan keluarga pun jadi lebih yakin dengan transportasi udara. So, gak rugi join #SobatAviasi. Ada banyak pengetahuan dan yang pasti ada banyak bagi-bagi rejeki. 

Yak. 

Begitu lah. 

Udah ah Raisa mau bikin vlog dulu buat ikutan competition dari DJPU. 

Salam Kece.

  • Share:

You Might Also Like

15 comment

  1. Belum pernah mudik naik pesawat, la wong ngelewatin 3 kabupaten doang. XD
    btw, kalau dilhat gampang juga ya kalo ikutin tips yang 3-2-1 dan harus fokus juga, salah gate kan berabe ntar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya kalo ketinggalan pesawat, udah deh jadi ribet :D

      Hapus
  2. Hihihi bawa barang atau koper lebih dari satu itu emang merepotkan, apalagi kalo perginya sendirian huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya, mba. Kalo sendiri jadi repot sendiri

      Hapus
  3. Senang sekali banyak informasi yang di dapat melalui #SobatAviasi

    BalasHapus
  4. Mudik atau bepergian menggunakan transportasi umum memang merepotkan. Sebisa mungkin bawa secukupnya aja, kan kita bukan mau pindahan ya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya mba. Kadang bawaannya pengen semua dimasukkan ke koper.

      Hapus
  5. kalau semuanya persiapan dijalankan sebaik mungkin. kalau udah dikerjain pasti perjalanan akan lancar sampai tujuan. Semoga mudiknya menyenangkan dan bahagia

    BalasHapus
  6. Aku setuju banget untuk selalu cek jam keberangkatan beberapa jam sebelum waktu pergi. Ngeri banget ketinggalan, hiks. Pengalaman ini mah.

    BalasHapus
  7. Nah iya, sepakat banget dan beneran ggak boleh telat hehe. peswat kan ngggak kayak angkot yang mudah datang ya... btw.. Salam buat keluarga di Palembang!

    BalasHapus
  8. Mudah diingat ya, kodenya ... 3-2-1

    BalasHapus
  9. Setuju bawa barang seperlunya aja.. Kalo kebanyakan bawaan malah rempong jadinya. Happy mudik ya mbak...

    BalasHapus
  10. 3 2 1 ini yg sering banget kuabaikan, sampai pernah namaku diumumkan di pengeras suara, last call pula, duhhh malu kalau diingat2 lagi :))

    BalasHapus